Liburan Menyenangkan dan Ramah Lingkungan

Standard
Hidup Hijau, senyumanindonesia.wordpress.com

Hidup Hijau, senyumanindonesia.wordpress.com

Ehm, selamat berakhir pekan kawan-kawan. Mau ke mana akhir pekan ini? Ke mall? Ke taman? Atau di rumah aja? Nggak masalah, ke mana aja boleh.

Kalau saya liburan kali ini (21/1/2012) mau ke Sea World. Asiknya, liburan kali ini saya mau mengisinya dengan sangat santai, dan tetap begaya hidup hijau. Apa aja sih?

Pertama, saya akan menggunakan transportasi massal, yaitu kereta. Saya sih berharap nggak ada jadwal yang mundur yah keretanya. Soalnya kan ini libur. Berlibur menggunakan transportasi massal itu akan lebih mudah loh. Kita tidak perlu repot-repot memarkir motor atau mobil. Nggak perlu lelah mengendarai kendaraan. Tinggal duduk manis dan nikmati perjalanan. Lagi pula, kalau hari minggu ini kan nggak begitu ramai dan sesak yah.

Hal yang harus diperhatikan kalau mau naik transportasi umum, adalah jadwal keberangkatan dan kedatangan. Khusus kereta, harus diperhatikan tuh. Itu untuk memprediksi kapan kita berangkat, kapan pulang, dan berapa lama kita di sana. Jadwal itu bisa dicek di situs kereta listrik. Dengan naik transportasi umum, kita turut mengurangi buangan emisi karbon ke udara, dengan begitu mengurangi kerja tumbuhan untuk mengurainya.

Hak kedua yang harus diperhatikan adalah, mengurangi penggunaan plastik. Jangan terlalu banyak membeli makanan untuk camilan yang menggunakan kemasan. Terlebih jika kita belinya eceran, tentu banyak kemasan plastik yang akan dibuang tuh. Saya meranyankan, bawalah makanan camilan massa, artinya kiloan, kan sudah banyak tuh. Makanan kiloan tidak memakan banyak kemasan plastik. Mungkin kita bisa membawa 3 sampai 5 jenis makanan camilan, dan itu hanya memakan 5 plastik. Beda dibandingkan jika kita membeli camilan eceran, semisal membeli wafer 1 dus yang isinya 30 wafer. Semua terbungkus plastik. Wah makin banyak tuh sampah.

Untuk membawa bekal makanan berat juga demikian. Hindari membungkus makanan dengan steroform atau tempat makan sekali pakai yang terbuat dari gabus. Kalau bisa yang dari bungkus nasi saja. Atau akan lebih baik jika membawa kotak makan sendiri atau rantang. Jika tidak terlalu mendesak bawa makanan berat dari rumah, tidak terlalu masalah membeli makanan berat di luar. Tentunya dengan direncanakan terlebih dahulu, di mana akan makan. Jgn sampai bingung, sedangkan perut sudah keroncongan.

Hal yang terakhir, gunakan pakaian yang sesantai mungkin. Semisal pakai celana pendek dan kaus. Itu akan lebih baik karena untuk menghindari cuaca panas. Dan tentunya bawa handuk tangan yah untuk mengelap keringat. Kurangi pakai tisue. Dengan begitu kita akan menghemat kertas dari hasil penebangan hutan.

Nah, kalau sudah begitu selamat menikmati liburan santai dan tetap menjaga alam yah. Buang sampah pada tempatnya.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s