SOPA/PIPA di Balik Protes Kekuatan Rakyat Dunia Maya

Standard

Rabu (18/1/2012) siang tiba-tiba ada email di grup redaksi KBR68H. Isinya soal informasi Wikipedia akan menghentikan memberikan layanan informasi ilmu pengetahuan. Wikipedia diblokir? Saya pun langsung mengecek informasi via twitter. Ternyata itu dikarenakan Wikipedia protes atas undang-undang pembajakan yang tengah dibahas di parlemen Amerika Serikat. Namanya “The Stop Online Piracy Act” (SOPA) and “The PROTECT IP Act” (PIPA) atau bisa disebut SOPA/PIPA.

Ini bahasa baru, dalam RUU tersebut pemerintah Amerika Serikat akan menutup sebuah situs jika terbukti melanggar hak cipta. Semisal, saya mengunduh video klip Cherry Belle di Youtube. Video klip itu hasil rekaman saya di TV lewat video recorder. Youtube bisa dituduh melanggar hak cipta, karena mendukung pembajakan. Saya yang membajak karena tidak ada izin dengan label distributor, tapi Youtube yang kena bredel karena dianggap mendukung dan mengetahui aksi pembajakan saya. Ehm, jelas itu mengancam.

Lewat dunia maya, manusia abad 21 bisa mengetahui berbagaimacam hal mulai dari pornografi, pendidikan, bahkan sampai hal yang dirahasiakan negara. Lewat dunia maya, manusia bisa bertukar pikiran lewat blog, berinteraksi live via Facebook, atau berbagi cerita dan peristiwa real time via Twitter. Ini sangat diperlukan, manusia sudah tak bisa dipisahkan dengan jarak dan waktu. Masa lalu bisa menjadi masa kini, bahkan planet Mars bisa dilihar dari kamar mandi kita. Itu semua via internet.

Jika internet mati, sudah pasti manusia akan buta, seperti berada di dunia asing, kamar gelap, WC sempit, atau bahkan merasa di dalam kubur.

Tak heran jika Wikipedia, WordPress, bersama ribuan website lainnya menggelapkan tampilannya. “Anda tidak diperkenankan membaca konten kami”, begitu tulis mereka. Mereka ‘gelap’ selama 24 jam, bagaimana jika selamanya?

Wikipedia, sumber ilmu di situs ensiklopedia itu hanya dari masyarakat dan analisis tim Wiki. Masyarakat mengetahui sebuah informasi, bisa langsung masukkan ke situs itu, diverifikasi, jika layak informasi itu akan ditampilkan. Tanggal berapa Hitler lahir? Berapa jarak planet Jupiter dari bumi? Siapa saja nama personel Band SM*SH berikut tanggal lahirnya? Wiki mengetahuinya. Apa jadinya jika SOPA/PIPA sah? Anda akan mengajukan izin ke DPR jika ingin memposting UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ke blog Anda. Itu informasi penting, karena pasti dibutuhkan awak pemburu berita hingga buruh Tani jika ingin mengetahui UU tersebut.

Semua umat manusia pasti akan protes jika Wikipedia, WordPress atau Youtube dibredel. Maka itu tidak heran jika Wiki proses dan menutup situsnya, yang marah adalah masyarakat dunia. Masyarakat dunia akan mengecam parlemen AS. Kekuatan rakyat dunia maya bicara. LAWAN!!!

Bagaimana di Indonesia? Apakah dunia maya bisa menggiring untuk protes ke pemerintah? Lebih dari 70 persen penduduk Indonesia miskin, pengguna Internet hanya di kota besar yang penduduknya mampu. Saya kira memprovokasi SBY turun dari kursi presiden lewat Twitter pun tak bisa.

“The internet is the most powerful tool we have for creating a more open and connected world. We can’t let poorly thought out laws get in the way of the internet’s development. Facebook opposes SOPA and PIPA, and we will continue to oppose any laws that will hurt the internet. The world today needs political leaders who are pro-internet. We have been working with many of these folks for months on better alternatives to these current proposals. I encourage you to learn more about these issues and tell your congressmen that you want them to be pro-internet.”

Itu komentar Mark Zuckerberg, pemilik Facebook. Apa jadinya jika FB pun diblokir?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s