Mengapa Kalau Makan Beramai-ramai Selalu Menyisakan?

Standard

Ada satu keanehan yang saya temui di kehidupan masyarakat Indonesia yang pernah saya termui, yaitu selalu menyisahkan makanan saat makan bersama. Satu makanan itu juga tersisa saat saya dan belasan teman blogger dari beberapa negara bertemu di FX, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2011) malam.

Saya bersama Agus dan Caplang dari Komunitas Blogger Benteng makan hidangan di Sate Khas Senayan. Di sana ada beberapa teman lain. Saya lupa namanya. Hidangan seperti sate, pempek tahu, sup, aneka gorengan, dan tentunnya nasi dilahap habis. Namun hanya makanan kami yang habis, yang lainnya tidak makan nasi. Mereka hanya menyemil hidangan saja.

Entah mengapa, mungkin sudah kenyang atau memang tidak biasa makan saat tengah berkumpul. Pakaian mereka rapih, sedangkan saya tidak. Seperti biasa, saya hanya mengenakan kaos dan celana denim saja.

Masing-masing hidangan disisahkan 1 buah. Ehm… saya terus menunggu apakah ada yang mengambil sisa makanan itu? Ternyata tidak, makanan itu terus dibiarkan menyisa sampai acara bubar.

Hal yang sama saya temui saat liputan ke Bangka Belitung tugas Kantor untuk mengerjakan SAGA KBR68H. Saat itu saya tengah berada di Rumah Ranto Uday, Direktur Wahana Lingkungan Hidup Bangka Belitung. Saya dibelikan sate ayam, dan kami berempat makan. Setelah selesai, ternyata sate 20 tusuk itu habis, tapi masih sisa satu. Saya sudah kenyang…

Sate itu terus dibiarkan beberpa saat, dan Ary, teman Walhi lainnya bilang, “ini kok sate disisain, kebiasaan orang Jawa nih.”

Kami pun tertawa, dan sedikit membicarakan dan bertanya, kenapa yah selalu begitu? Ary cuma berkata, “yah kan orang Jawa selalu begitu.”

Kami kembali tertawa…

Leave a Reply

