Setelah Kematian, Apalagi?

Standard

Siang itu saya mendengar seorang sahabat yang tidak saya kenal, meninggal. Rezki Hasibuan, Jurnalis Kantor Berita Radio 68H, meninggal karena sakit. Saya tidak pernah mengenal atau berkenalan, karena memang Mas Kikuk tidak bertemu dengan saya secara langsung. Kesibukan saya sebagai reporter baru KBR68H yang menyebabkan itu. Banyak cerita yang saya dengar dari teman-teman Jurnalis DPR dan KPK soal Mas Kikuk, semua menyenangkan. Bahkan saya agak menyesal tidak pernah berkenalan dengan Mas Kikuk.

Malamnya saya pun membuka foto-foto Mas Kikuk saat masih gemuk, ehm… lucu sekali. Cerita teman-teman pun tergambar. Meski tidak pernah mengenal langsung Mas Kikuk, saya ikut bersedih. Tapi sangat berbangga hati sudah mendengarkan banyak kenangan lucu dan baik dari kawan-kawan seprofesi.

Sebelum Mas Kikuk pergi, sahabat saya yang lain juga pergi. Namanya Mardianty. Anty adalah kawan saya semasa kuliah, Anty juga mantan Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI). Anty meninggal karena insiden kecelakaan lalu lintas. Saya sangat terpukul, karena selalu terkenang dengan lawakannya semasa kuliah. Saya hanya bilang, “Selamat jalan, Anty.”

Saya selalu bertanya, ada apa setelah kematian? Kematian itu sangat tak terduga, apa yang saya pikirkan tentang kematian itu, sangat menyakitkan.

Seorang Atheis, yang bertaman akrab dengan saya mengatakan setelah mati, yah mati saja. Tidak ada apa-apa setelah mati, mungkin ada reingkarnasi. Karena memang tak ada Tuhan. Menurut saya itu bukan penjelasan, penjelasan pun tak ada sadarnya.

Ada lagi beberapa sahabat saya juga yang – seperti – menunggu kematian. Taat dengan ajaran Tuhan.  Dia bilang setelah kematian ada surga dan neraka. Jika di surga, nasib akan bahagia. Dan jika di neraka, apeslah kita.

Tapi tetap saja, tidak menjawab setelah kematian, apalagi?

Leave a Reply

