‘Posko Monitor’

Standard

“Posko monitor,” begitu isi pesan singkat di ponsel saya selalu berbunyi tiap sore. Itu menandakan beberapa kawan seperti Ferry, Kang Dadang, Anto, Anang, dan lainnya memanggil merencanakan untuk nongkrong di warung kopi yang ada di gang pas di sebelah kantor redaksi Harian PosKota. Makanya itu kita namai Posko.

Warungnya tidak besar, tidak mewah, bahkan sangat sederhana. Menunya pun sama seperti warung kopi lain, ada mie rebus, roti bakar, macam-macam kopi, dan pisang bakar. Yang bikin betah duduk di warung itu adalah karena suasana lingkungan yang enak untuk tempat mengobrol.

Ponsel Nokia 5800 saya letakan di meja Cafe Juned di gang kecil di kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat itu. Ponsel saya itu memang spesial sekali, 8 gigabite menampung hampir 1000 lagu mulai dari lagu ‘alay’ sampai lagu barat semacam The Beatles – tapi jujur lagu The Beatles yang paling lengkap.

Tapi yang menjadi spesial adalah saat duduk di warung kopi itu saya selalu menyalakan lagu tahun 50-an yang bernada keroncong dan orkes kental. Semisal lagu-lagi Lilis Suryani, Saloma, Bing Slamet, atau juga Sam Saimun.

Suasana lagu-lagu itu saya rasakan cocok dengan malam di kawasan Kota. Kehidupan malam khas Jakarta dengan bercampur rasa tradisional, dan tentunya tanpa modernisasi dan kapitalisme. Ditambah dangdut terkadang menambah ‘romantisme malam’ di warung itu. Ehm… mungkin tidak semua merasakan itu. Tapi ini yang saya rasa.

Kopi hitam panas dan Internet (Indomi Telur Cornet) saya biasa pesan saat malam mulai larut, memang tidak selalu saya pesan karena takut perut semakin membuncit. Hanya jika obrolan dengan teman-teman wartawan dan fotografer berlarut hingga dini hari.

3 responses »

Leave a Reply

