Kisah Saat Kengerian Malam Itu

Standard

Saat itu aku lupa, kapan tepatnya. Di saat kampus benar-benar tak menentu. Banyak yang dipertanyakan saat itu, keidealisan mahasiswa, proses pembentukan generasi baru, aturan kampus terhadap kemahasiswaan, sampai kualitas dosen yang selalu menjadi topik isapan jempol.

Saat itu sudah malam sekali, hanya saya dan 2 orang sahabat ada di ruangan dewan. Saat itu kami kebingungan memikirkan topik apa yang harus diangkat di edisi pertama Jurnal Dewan. Soalnya banyak pihak yang tak suka jika Jurnal ini berdiri, ‘Suara Kami wanna be’ katanya. Tapi saya tak ambil pusing, jurnal terus berjalan.

Teman saya pun pulang, tinggal saya sendiri duduk di busway. Ya tak ada yang menemani, memikirkan keadaan kampus yang sebenarnya saat itu penuh dengan ketidakadilan. Mungkin hanya saya yang merasakan, karena hanya saya yang pusing.

Pelayanan kampus, topik yang saya bawa di mimbar kampus. Intinya saya menyoroti soal klaim kampus yang tak sebanding dgn julukannya. Saat itu mahasiswa harus antre jika ingin mengurus kuliahnya. Ironis sekali.

Sudah beberapa malam saya di kampus karena harus mengetik hasil penyebaran kuisioner. Hasilnya sesuai dengan dugaan saya. Mahasiswa tak puas dengan pelayanan kampus.

Hasil jurnal tersebut tentu menggegerkan birokrat, banyak yang merasa risih. Beberapa orang saya dengar di berhentikan gara-gara mengetahui pelayanan memburuk.

Malam berikutnya, saya pulang larut. Dua orang senior menghampiri saya dan tiba-tiba menyampaikan kekesalannya. Memaki, dan beberapa kali mereka menarik baju saya.

“Tulisan lu sampah banget. Emang lu siapa? Dasar anjing lu. Emang lu kira tulisan lu bagus, udah banyak yang nggak suka dari lu. Lu berhenti nulis, atau lu gue telanjangin. Lu kira gue nggak tau kejelekan lu. Awas lu ye.”

Begitu kata mereka. Saya pun hanya diam dan berfikir mungkin itu ujian. Memang tidak mudah menulis dengan hati.

Leave a Reply

