Buruknya Sistem Keamanan di Jakarta

Standard

Bom lagi menghancurkan sisi ekslusif dari Jakarta. Lagi-lagi sasarannya hotel di kawasan yang sebenarnya dijaga sangat ketat. Namun sudah bosan jika mencari siapa yang mengebom. Jauh menengok ke belakang, semenjak Indonesia jadi langganan bom, tempat elit termasuk mall dijaga ketat dengan peralatan ‘anti bom’.

Namun pernahkah Anda memperhatikan tingkah laku bagaimana pihak keamanan menjaga tempat kerjanya dari gangguan bom? Tak hanya itu bagaimana juga prosedur oprasional mereka, apakah alatnya berfungsi?

Saya beberapa kali ‘mengerjai’ tim keamanan di beberapa mall Jakarta dan Tangerang. Saya kerap kali mendapat perlakuan keamanan yang berlebih dari petugas keamanan mall. Misalnya dengan memeriksa sarung ponsel yang saya genggam dengan metal detector (alat pendeteksi logam). Pastinya alat itu tangsung berbunyu kencang. Mereka pun menyuruh saya untuk mengeluarkan isi di dalam sarung HP itu. Saya bilang, “ini hape pak, ya iyalah pasti bunyi. Kan di dalamnya ada mengandung logam.” Si satpam itu pun hanya tersenyum. Namun di lain kesempatan, saya mengunjungi mall di kawasan Jakarta juga Saya masuk melewati pintu pendeteksi logam, namun anehnya tidak terjadi apa-apa. Padahal saya mengantongi kunci motor dan ponsel yang sama.

Mengapa ini bisa terjadi? Jelas, keamanan Jakarta memang sangat buruk.

One response »

Leave a Reply

