Tak Indah Dari Atas, Saya Tak Ingin Ada di Bawah

Standard

Sejenak aku memikirkan saat berada di jalan raya mencari berita. Banyak keadaan yang tak sesuai dengan realitas media dan pemerintah. Kkerbaikan ekonomi, naiknya angka kesejahteraan rakyat, pementasan kemiskinan, adalah kata-kata dewa yang saya banyak baca di internet maupun koran nasional.

Sekarang saya ada di Jogja, perjalanan yang tak disengaja. Keluar dari Adisutjipto saya tengok kanan-kiri yang saya lihat hanya tukang becak, pedagang nasi kucing dan sesekali turis berkeliaran pakai kacamata hitam dan coklat. Mereka sangat gagah dan putih bersih. Satu pertanyaan, “apa ini?”

Apa ini realitas yang sebenarnya, bukan impian yang menjadikan saya bangga dengan keadaan sekarang. Dengan memegang sebotol air mineral saya melihat perempuan tua kusam dan keriput membawa bakul. Entah apa yang dibawa, mungkin makanan. Bukan untuk dimakan sendiri, baginya itu ‘rezeki’ untuk – mungkin – anak cucunya. Ya sudahlah, saya enggan terlalu lama melihatnya. Semoga Tuhan memberinya keselamatan.

Leave a Reply

