Sudah Tak Ada Rahasia di Antara Kita

Standard

Tempo hari saya bertemu dengan seorang teman lama di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Dia teman sewaktu saya SMP. Nia adalah sosok perempuan baik yang saya kenal semasa itu. Pintar dan sebang membaca.

Waktu itu, jujur saya kagum dan mencap dia sebagai perempuan bahagia. Orangtuanya tergolong kaya raya dan taat beribadan. Setiap minggu saya diajaknya berteduh di pelataran LP Wanita di kawasan Daan Mogot, Tangerang sebelah SMP saya.

Kami bnayak membicarakan berbagai hal, terutama soal pelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan dan pengalaman sekitar. Tak ada yang mengetahui pertemanan saya dengan Nia, alasannya saya malu bertemab dengan perempuan cantik, kaya, dan jauh dari kesan ‘kesulitan’. Bahkan untuk berkumunikasi saja kami jarang, hanya hari Sabtu sepulang sekolah. Itu pun hanya sekilas kami saling lihat.

Pernah suatu saat kamu menguburkan sebuah pertanyaan yang kami jawab dalam secarik kertas. Tulisan itu kami pendam di sebuah botol kaca. Pertanyaannya adalah, “apa cita-cita kamu?”

Saya saya menuliskan “wartawan” di kertas itu. Tapi Nia, saya tak tahu apa. Saat itu malam hari, kami berjanji untuk membuka ‘rahasia besar’ itu saat kamu bertemu pertama kali setelah suatu saat berpisah. Namun jika saya atau dia sudah meraih cita-cita itu, janji itu gugur. Itu berari tak ada rahasia lagi. Semua terbuka dengan pembuktian.

Saat kelulusan SMP tiba, Nia harus melanjutkan sekolahnya di Rusia. ayahnya adalah seorang diplomat di sana. Sedangkan saya masih di Tangerang.

Sekarang saya sudah tahu apa yang Nia tuliskan di kertas kusam itu. ia ingin menjadi jurnalis juga, sama dengan saya. Bedanya, dia sudah benar-benar dapat apa yang diinginkan, menjadi “Presenter Televisi”.

Selamat ya ‘Bagong’ . . . .

One response »

Leave a Reply

