Trik Pendekatan Dengan Calon Mertua

Standard

Berikut tips dari Aully Grasinta, M. Si, Psi dari pusat Konsultasi Psikologi Terapan (PKPT) Universitas Pancasila.

Adaptasi.
Masa perkenalan masing-masing pihak dan saling mempelajari karakter masing-masing tentunya bukanlah hal mudah. Namun saat inilah, tahap adaptasi yang menentukan dalam hal menjatuhkan hati calon mertua anda. Be Your Self. Jangan berpura-pura jadi orang lain.Tetaplah jadi sendiri. Kalau anda sendiri tahu diri anda seperti apa dan anda juga bisa menampilkannya, tentu orang lain juga akan bisa merespon kepada anda.

Pelihatkan rasa sayang dan cinta anda kepada anaknya.
Bukan berarti harus bermesra-mesraan dengan pasangan di depan calon mertua anda. Namun cukup dengan perhatian akan hal-hal kecil dan senyum hangat serta pandangan mata dengan rasa sayang. Memang terkadang kalau menunjukkan rasa cinta Anda kepada pasangan di depan orang tua timbul kikuk atau grogi. Hal tersebut wajar dan tentu saja yang namanya rasa sayang tiu tidak harus ditutup-tutupi. Kalau Anda malu akan perasaan anda sendiri, bagaimana orang lain akan yakin akan kuatnya perasaan Anda dan pasangan anda (anaknya) tersebut?

Mau memahami.
Pelajari sejauh mana kedekatan mereka. Setiap keluarga pasti berbeda, kalau anda sudah mengerti budaya keluarga pasangan seperti apa, baru kemudian anda mulai pasang strategi kaapn anda bisa masuk. Pelajari pula hal-hal apa yan nantinya apa yang akan menjadi konflik, sehinga anda tidak perlu masuk kedaera htersebut. Biasanya calon mertua wanita akan mengesankan persaingan dengan anda. Ia sangat selektif dala mmemilih calon menantunya. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir akan sifat sinisnya. Belajarlah untuk tetap sopan, dan tunjukkan padanya bahwa anda bias menjadi calon istri yang baik untuk anaknya..

Tetap menjaga jarak
Ramah dan akrab itu boleh, namun harus selalu diingat bahwa calon mertua anda adalah orang tua pasangan anda, bukan orang tua anda sendiri. Jarak itu harus selalu dijaga. Ketika dikenalkan, anda bisa menganggap kalau calon mertua anda adalah bos baru dikantor yang baru anda temui. Anda haru pandai menjaga sikap dan menunjukkan kelebihan kepribadian andaayng membuat di tertarikuntuk menahan anda di ‘perusahaan’. Nah, kalau sudah kenal agak lama, misalnya dalm waktu sebulan, anggap saja calon mertua anda adalah tante dan om anda, yaitu orang yang patut anda sayangidan hormati, namun tetap memiliki jarak yang berbeda seperti halnya anda dengan orang tu sendiri.

Menenangkan ego calon mertua.

Ketika sudah mulai dekat, langkah selanjutnya adalah Menenangkan ego calon mertua anda. Ha lini tidaklah sesulit yang anda duga. Yang perlu dilakukan adalah memberikan pujian yang tulus . misalnya memuji pakaian yang saat itu dipakai calon mertua anda, kalau memang pakaiannya bagus. Hal itu akan membuat senang calon mertua anda.

Jangan mengubah struktur yang ada
Karena kalau hal ini sampai terjadi, tentunya akan menjadi kecemburuan tersendiri dari orang tua. Jangan sampai begitu anda masuk, kemudian apa yang sudah berjalan anda ubah. Pada dasarnya, adanya orang baru dalam kehidupan rumah tangga sudah menjadi masalah tersendiri. Butuh adaptasi dengan adanya calon menantu, karena itu anda perlu untuk mengikuti flow-nya dulu.

Bisa menjadi nilai tambah untuk mereka
Perlihatkan nilai tambah anda pada keluarganya. Bukan masalah materi tapi nilai plus yang anda miliki. Berikan kesan positif misalnya dengan cara berpenampilan yang baik, berdandan yang sopan, mengobrol dengan penuh tatakrama. Cara lain yang terbilang ampuh adalah lewat tindakan sehari-hari.hal yang mudah yang dapat dilakukan, misalnya membantu calon mertua memasak atau membuat masakan yang mereka sukai pada saat ada acara keluarg dirumah pasangaan. Kalau pasangan anda memiliki kakak, bisa mengajaknya hang out atau bila memiliki adaik ,anda bisa menawarkan bantuan dengan menjemputnya atau mengakjaknya jalan-jalan ke tempat rekreasi.

Hargai calon mertua anda seperti menghargai ibu sendiri
Karena hal ini sangat penting. Calon mertua Anda memiliki kepribadian yang berbeda dengan anda . mereka mempunyai achievements, pengalaman da nsejarah tersendiri. Kenalilah mereka bukan hanya untuk bisa mendapatkan hati mereka, tapi lebih untuk mengetahui siapa calon mertua, mengetahui siapa mereka, dan bagaimana bisa sampai ketempat ini. Respect them for who and what they are, and hopefully they will respect and accept you what they you are.

5 responses »

  1. trimmss..
    saran2ny ini akan saya coba untuk pertama kali nanti saya perkenalan dengan calon mertua saya..
    doain mudah2n calon mertua bisa klop ma saya..
    Amiinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s