Pembunuhan Wartawan di Gaza Dikecam

Standard

Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) mengutuk pembunuhan terhadap Fadal Shana, seorang kamerawan Palestina. Pria berusia 23 tahun yang bekerja untuk kantor berita Reuters itu tewas akibat serangan membabi buta pasukan Israel di Jalur Gaza.

“Pasukan Israel menargetkan kendaraan-kendaraan dan para wartawan yang beridentitas jelas, seperti dengan tanda Press atau TV. Fadal Shana tewas ketika dia merekam gambar tank-tank Israel di Gaza Tengah,” kata Presiden OANA, Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf, Ahad (11/1).

Menurut Wakil Kepala Biro Reuters, Julian Rake, Shana telah melaksanakan tugasnya berdasarkan standar prosedural di bidang pers. Ketika dibunuh, dia mengenakan jaket dengan tanda yang jelas, yaitu tanda pers dan mobilnya juga bertandakan stiker pers.

OANA juga menyerukan perlunya perlindungan terhadap media dan para wartawan akan dijamin oleh pasukan Israel di Gaza. Ia juga meminta kepada dunia kewartawanan untuk meningkatkan protesnya terhadap desakan pasukan Israel soal media yang berupaya meliput konflik di Gaza.

Pasukan Israel memberlakukan blokade terhadap media yang berusaha menulis laporan-laporan mengenai krisis di wilayah Gaza. “Kebenaran tidak bisa dituturkan jika para wartawan tidak bisa bebas bergerak, untuk melakukan wawancara dengan siapa pun yang terlibat, dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri apa yang sebenarnya terjadi di lapangan,” katanya menambahkan.

OANA beranggotakan 44 kantor berita dari 33 negara di wilayah Asia Pasifik. Perlindungan terhadap wartawan dan keselamatan para insan pers merupakan prioritas tertinggi bagi OANA di bawah pimpinan Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf, yang juga merupakan Direktur Utama Kantor Berita ANTARA.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s