Masa-masa Kemunafikan Berjaya

Standard

Di pertengahan tahun 2005 kampus saya mengalami perubahan besar-besaran. Mungkin hanya saya yang merasakannya, di mana mahasiswa dipaksa menyerah terhadap kebijakan kapitalis kampus. Tak hanya mahasiswanya yang dipaksa tunduk, tapi organisasi kampus seperti BEM, UKM, dan DPM juga berhasil dikuasai. Mereka dibiarkan ‘liar’ membuat aturan main sendiri.

Banyak bari mantan-mantan Preseiden Mahasiswa dan menteri-menterinya dianggap sebagai ‘ayam buras’. Dikasih makan sampai ‘tak enak’ mengkritik kampus. Malah mereka banyak menyerang mahasiswa-mahasiswa yang sadar akan kekacauan ini. Lihat saja saat DPMU di era saya mengeluarkan sebuah jurnal untuk mengakomodasi aspirasi pengkritik kebijakan kampus. Namanya Jurnal DPMU, saya bagian dari ini.

Salah seorang mantan pejabat Senat kampus langsung menyerang dan menyatakan tidak setuju dengan semua yang saya lakukan. Usut punya usut saya akhirnya mengetahui mengapa dia seperti itu. Rupanya dialah ‘Si Ayam Buras’ itu. Bukan rahasis juga kalau dia ternyata dekat dengan pihak kampus. Setiap kampus mengadakan acara, seperti wisuda, dia ikut dalam kepanitiaanya. Dia hanya mengincar uang sebesar Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per event. Jelas tujuannya dia menjadi antek kapitalis adalah uang.

Saat malam wisuda saya, beberapa alumnus demisioner Senat datang. Dari mantan Presiden Mahasiswa sampai mentan menteri-menterinya datang. Mereka sudah menjadi mantan koruptor. Entah berapa banyak uang mahasiswa yang mereka makan, mungkin itu cukup untuk membeli pulsa ponselnya. Mungkin untuk mengganti ponselnya dengan kualitas 3G.

Sekarang, mahasiswa di kampus saya telah kehilangan jatidiri. Mereka tak lagi mengenal pemberontakan, mereka tak lagi mengenai kemunafikan, dan mereka juga sudah ‘terjlat’ oleh Tri Darma Perguruan Tinggi yang sudah membusuk.

Leave a Reply

