Liputan Band Baru??? Ada Jalenya Ya !!!!!

Standard

Istilah Jale memang sudah akrab di telinga kalangan wartawan. Jale atau amplop biasanya didapatkan wartawan dari narasumber yang mempunyai kepentingan terhadap berita. Misalnya, jale didapatkan dari seorang pejabat yang sedang tersangkut suatu kasus. Agar berita yang dibuat tidak memojokkan dirinya, maka si wartwan diberikan sejumlah uang oleh pejabat tersebut. Kalau kasusnya seperti itu biasanya terjadi di kalangan wartawan politik, hukum, atau ekonomi.

Dikalangan wartawan hiburan ataupun Infotainment, jale bisa datang dari seorang publik figur atau artis. Singkatnya, agar si artis terkenal, maka si wartawan juga diberikan sejumlah uang. Kadang sesama wartawan hiburan atau infotainment saling curiga jika liputan artis atau publik figur yang tak terlalu dikenal. “Liputan band baru, wuih ada jalenya ya?”

Kecurigaan itu juga yang saya alami saat ingin mewawancara band bernama ‘Matahari’ di kantor Universal. Seorang wartawan online bertanya rencana liputan saya hari ini (19/11/2008). Ia curiga saya mewawancarai band itu dikarenakan ingin mendapat jale.

“Mau ke mana Bi?,” tanya si wartawan itu.

“Ini mau wawancara band di kantor Universal di Sudirman,” jawab singkat saya.

“Band? Siapa?,” tanyanya lagi.

“Namanya lupa gue, tapi band baru kok,” tambah saya.

“Oh, emang ada kerjasama atau ada jalenya ya? Loh kan lu nggak boleh terima jale. Kok nggak kayak biasa detik ngangkat band baru?” tanyanya dengan nada bicara penuh curiga.

Saya pun tersenyum mendengar reaksi reporter itu. Memang tak salah apa yang ia curigakan, tapi memang seperti itulah salah satu suasana dan kelucuan yang terjadi di dunia wartawan. Penuh kecurigaan yang tak mendasar. Namun terkadang kecurigaan itu bisa dijadikan guyonan khas jurnalis.

Leave a Reply

