Sale. . . ! ! ! Sarjana (Disc 50% off)

Standard

Di akhir masa-masa kuliah, ada saja yang membuat hati ini bukan main gelisahnya. Soal banyaknya yang lulus tahun ini (Oktober 2008), sekitar 1000 mahasiswa lulus dengan mudah. Rupanya kampus lagi ‘Big Sale’, alias cuci gudang. Banyak mahasiswa yang ‘bodoh’ sebenarnya, skripsinya mendapatkan nilai ‘B’. Padahal saat sidang, mereka banyak dikritik dan disinyalir tidak lulus. Apa artinya semua ini?

Mereka-mereka yang bodoh dengan mudah dilegalkan untuk lulus, tentunya dengan nilai yang apa adanya. Ada beberapa pandangan soal ini, siapa saja orang-orang yang akan mudah lulus?

Pertama, jika mahasiswa itu termasuk angkatan tua dan kebetulan saat itu masih banyak mahasiswa seangkatan yang masih betah di kampus. Pihak kampus akan berfikir ribuan kali untuk mereka. Meluluskan dengan kemampuan yang tak terjamin, atau menahan mereka hingga kemampuannya terjamin, dengan konsekwensi citra kampus akan buruk. Kampus akan dianggap sebagai kampus dengan kwalitas mahasiswa yang bodoh karena nggak lulus-lulus.

Kedua, mahasiswa yang banyak omong. Biasanya mahasiswa itu aktif dalam organisasi. Bisa dibilang dia adalah aktifis. Mereka banyak mengkritik kebijakan kampus yang dianggap merugikan mahasiswa lain atau dirinya sendiri. Supaya tak banyak omong, ya sudah luluskan saja. Biar tak ada orang yang banyak protes, kampus pun dengan bebas menipu mahasiswa kembali.

Ketiga, mahasiswa kutu buku yang memang sebenarnya layak untuk lulus. Mereka pun siap bersaing di dunia kerja.

3 responses »

  1. Mungkin semua itu benarrr. Tapi kita tidak sadar dengan status kita sebagai mahasiswa apa yang harus kita bangun demi nama baik kampus. Dan satu lagi yang berstatus sebagai dosen harus tau apa tujuannya yaitu harus mampu mendidik dan memanusiakan manusia…bukan hanya sebatas mengajar doang…thanks ya

  2. yang aku tahu, mahasiswa2 yang ga lulus2 itu..
    adalah penyakit bagi kampus bahkan bisa meurunkan akreditasi!
    sebenarnya pilihannya hanya 2 yaitu memotivasi mahasiswa supaya lebih giat belajar dan menyelesaikan studynya..
    atau yang paling ekstrim adalah DO semua mahasiswa yang betah lama2 di kampus itu….!!
    yang pasti ga ada satupun dr pilihan tsb yang mudah untuk dilaksanakan🙂

  3. Menurut gue, sebagian besar tidak lulus2 itu bukan karena bodoh. tapi karena kebanyakan bisnis nyambi, kebanyakan aktifitas diluar kampus misalnya main sinetron, atau ada yang hamil trus ngurus anak, begitu anak dah bisa ditinggal, mau kuliah lagi, eh hamil lagi. Ada juga yang karena malah terlalu sibuk ngurusin organisasi2 kemahasiswaan. Karena sekedar lulus pas-pasan aja sih tidak membutuhkan otak yang pinter2 amat juga… Buktinya banyak sekali sarjana yang pas kerja ternyata otaknya cukup menyebalkan sekali..hehehe
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s