Tolong, di Kampus Saya Banyak Mahasiswa ‘Sok Tahu’

Standard

Hampir setahun saya tidak mengikuti perkembangan kemahasiswaa kampus. Namun setelah kembali saya banyak mendapatkan cerita yang sangat mengejutkan. Ternyata banyak sekali kejadian-kejadian yang membuat saya benar-benar miris. Mahasiswa yang seharusnya berfikir cerdas, ternyata tidak ada bedanya dengan orang-orang yang sok tahu. Mereka memang benar-benar tidak tahu, atau sebaliknya – tahu tapi sombong.

Entah apa yang membuat mereka seperti itu, apa memang di antara mereka tidak mengerti? Apa saya yang saya lihat akan saya ceritakan dengan apa adanya.

Pertama,
Tentang Pahlawan Kesiangan yang Tak Tahu Malu

Saya mendengar akan diadakan Kongres Akhir di kampus. Kongres Akhir jika di DPR-RI semacam sidang pertanggungjawaban terhadap presiden. Dalam kongres akhir biasanya diundang perwakilan mahasiswa umum, maupun mahasiswa organisasi seperi BEM, BEMF, dan HMJ. Mereka bebas bebas mengungkapkan pendapatnya di dalam sidang itu, namun tentunya dengan aturan yang telah disepakati.

Singkat cerita, ada seseorang – sebutlah – bernama Budi. Dia adalah mantan anggota BEMU (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas) yang vokal dan banyak bicara. Saya pernah bertikai dengannya sewaktu saya menjabat sebagai Ketua Komisi GBHKO di DPMU (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas), Budi tidak setuju dengan manefasto politik saya untuk merubah kampus. Pada intinya dia iri dengan masuknya saya ke dalam DPMU karena posisi saya lumayan central.

Balik ke masalah awal. Budi datang dengan percaya diri mengatasnamakan mahasiswa ke kongres itu. Dia banyak sekali protes dan mengajukan usulan-usulan yang sebenarnya ‘mentah’ dan hanya berbentuk wacana-wacana saja. Budi hanya jago protes dan tidak pernah nyata untuk mewujudkan usulannya itu.

Status Budi adalah mahasiswa Hukum program eksekutif (kuliah sabtu-minggu). Dalam peraturan kampus saya, dikaratan mahasiswa yang bisa ikut organisasi adalah mahasiswa yang berstatus sebagai mahasisra regular. Mereka-mereka yang mahasiswa eksekutif sebenarnya bukan mahasiswa, tapi seorang yang sudah bekerja dan bersekolah kembali. Namanya memang mahasiswa, tapi tidak bernaung di fakultas yang bersangkutan.

Dilihat dari riwayatnya di kampus, Budi pernah berkuliah di fakultas Tehnik, namun dia berhenti dan pindah ke Jurusan Hukum (regular). Alasannya sih katanya tidak cocok kuliah di tehnik. Tapi mungkin karena gengsi mengatakan kalau dirinya terlalu bodoh kuliah di tehnik. Ia pun belajar hokum, tapi tak berapa lama ia pindah ke program eksekutif, dengan alas an bekerja. Dengan pindahnya dia ke program eksekutif, ia tidak biasa terlibat di organisasi kemahasiswaan regular. Namun dengan PDnya ia datang ke kongres dengan mengatas namakan mahasiswa.

Hampir 3 tahun dia fakum di keorganisasian kemahasiswaan kampus. Ia tidak ‘beredar’ di kampus. Jangankan menanyakan keadaan kampus, berhubungan dengan generasi-generasi baru organisasi saja tidak. Namun dengan pengetahuan yang sekilas saja soal masalah-masalah kampus, ia ‘berkicau’ memporak-porandakan sistem. Banyak bicara tamun tanpa perbuatan yang pasti.

Misinya bagus, ingin merubah keadaan kampus yang berantakkan. Namun itu hanyalah hisapan jempol semata.

Saya anggap dia adalah salah satu mahasiswa terbodoh di kampus saya, bodoh karena pertama, bisanya hanya bicara saja, tidah pernah sada tindakan. Budi hanya membesar-besarkan diplomasi ‘tai kucing’ yang hampa. Kasihan saya dengan dia. . . .

2 responses »

  1. orang kayak gitu bukan hanya di kampus kamu, banyak juga di negeri ini termasuk di komunitas blogdetik. ya gitu…. biar dibilang demokratis, reformis, agamis dan is.. is.. lainnya😀

    kata Dewa19…. Hadapi dengan senyuman🙂

Leave a Reply

