Katanya, “Kasihan Polisi ! ! !”

Standard

Saya malah balik bertanya, apakah polisi ada rasa kasihan dengan orang susah yang perlu bantuan?

Saya pernah berbincang banyak dengan salah seorang dosen di kampus  tempat saya kuliah. Kebetulan dosen itu juga mengajar di sebuah sekolah kepolisian. Dia banyak cerita tentang kehidupan dan lika-liku polisi yang serba salah. Singkatnya polisi itu mendapat tekanan atas dan bawah. Ditekan dari atasan dan ditekan dari rakyat. Kenapa begitu?

Kasus sederhana sewaktu kepolisian mau mengadakan razia kendaraan bermotor. Perintah tentunya langsung turun dari atasan, sebutlah Kasatlantas. Ironisnya mereka yang menjalankan perintah itu tidak mendapatkan dana operasional untuk membiayai bensin kendaraan, dan tetek bengek.

Saya kaget mendengarnya, lalu bagaimana bisa?

Dana kepolisian sangatlah minim, biasanya dana itu habis untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan biaya tahanan. Biaya terbesar kedua adalah untuk kebutuhan mendadak, seperti adanya upacara atau acara seremoni lainnya. Memang sangat aneh sekali, tapi itu faktanya.

Satu-satu jalan adalah yang patroli harus bermain ‘bersih’ dengan bayar di tempat setiap pengendara yang ditilang. Tidak semua pengendara yang ditilang akan mudah damai. Mereka yang bertampang muda dan dan berwajah bodohlah yang akan selamat dengan ‘dana damai’.

Biasanya paling tidak ‘dana damai’ tilang berkisar 20 ribu sampai 50 ribu, tergantung motornya. Kalau motornya mulus, tentu tawar menawar akan berlangsung lama. Namun semakin butut motor, penawaran akan berlangsung cepat.

‘Uang haram’ hasil tilangan itu biasanya tidak langsung dieksekusi. Hasilnya akan dibagi menurut keperluan. Sekitar 50% akan ‘ditabung’ ke dana operasional kepolisian, 20% akan dipakai untuk biaya bensin dan keperluan patroli, 20% sebagai jatah pimpinan dan sisanya 10% akan dibagikan kepada petugas patroli.

See . . . . ! ! ! 

3 responses »

  1. hmmm..

    klo dana kepolisian itu sumbernya dari mana..???
    hmmm.. pengen tau..

    tapi kalo polisi2 di luar negeri kok ngga kek di sini yah..
    mungkin kepolisian kita harus belajar banyak dari mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s